Pemdes Tanjung Bulan Bersama Karang Taruna dan Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Jalan dan Fasilitas Objek Wisata Air Terjun Lemutu


MUARA ENIM, SS.CO.ID
- Pemerintah Desa Tanjung Bulan mengajak Karang Taruna bersama masyarakat gotong royong saling membantu melestarikan lingkungan, serta juga ikut menata maupun memperbaiki jalan setapak dan fasilitas untuk Objek Wisata Air Terjun Lemutu agar  lebih bagus dan indah lagi.

Kegiatan dilakukan mulai hari Jumat  tanggal 6 melakukan bersih lingkungan sekitar rumah, dan tanggal  7 - 8 melakukan kegiatan berkemah di ojek wisata air terjun Lemutu untuk melakukan perbaikan dan penataan yang ada di lokasi tersebut.

Agar para pengunjung ke objek wisata air terjun Lemutu menjadi menyenangkan, nyaman dan aman.

Wisata Air Terjun Lemutu di kawasan Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim salah satu lokasi wisata yang mulai banyak dikunjungi warga selama ini.

Objek wisata yang  masih asri tersebut cukup membutuhkan peran pemerintah kecamatan dan Kabupaten Muara Enim untuk bisa dilakukan pengembangan dalam segi pembangunan yang di butuhkan di Lokasi Air Lemutu, sehingga bisa menjadi salah satu lokasi yang dapat mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar dan pendapatan daerah. 


Karang taruna desa Tanjung Bulan bersama dengan pemerintah desa melakukan kegiatan bakti sosial bersih

Andi selaku pemerintah desa mengatakan sejak awalnya di temukannya objek wisata air terjun Lemutu, memberdayakan karang taruna pemandu wisata sekaligus melayani pengunjung menggunakan jasa ojek , " dengan melibatkan karang taruna, secara tidak memberikan beban tanggung jawab untuk lestarikan aset wisata dan memberikan hasil sumber daya masyarakat", katanya.

Disamping itu juga Andi menjelaskan bahwa sudah cukup lama Objek Wisata ini di kenal oleh masyarakat umum sejak 2013 melalui masyarakat desa bersama karang taruna melalui media sosial , pemerintah desa, Media massa dan juga melalui Komunitas formapalakita.

Namun di tahun 2023 pihak pemerintah desa baru dapat "Membangun jalan cor untuk usaha tani perkebunan melalui objek wisata air Lemutu, namun masih kurang 10 meter menuju kelokasi masih jalan tanah, serta jalur tangan menuju lokasi masih darurat mengundang potongan kayu yang ada disekitar objek wisata tersebut", ungkapnya.

Andi juga berharap, pihak pemerintah Kecamatan dan Kabupaten Muara Enim serta stekhoder perusahaan yang ada, dapat bisa membantu kekurangan fasilitas di lokasi air terjun Lemutu ini seperti jalan setapak cor beton 10 meter lagi menuruni ke lokasi, jembatan plat besi buat jalur penyebrangan melalui sungai kecil aliran air terjun, pembuatan tempat ruang ganti maupun wc permanen, serta tangga tangga melalui tingkat dua air terjun Lemutu, dan juga bantuan PLTS tenaga air untuk aliran listrik untuk di objek wisata air terjun Lemutu," harapnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.