KPU Muara Enim Gelar Deklarasi Pilkada Damai


MUARA ENIM, SS.CO.ID
- KPU Kabupaten Muara Enim melakukan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim Tahun 2024 dan juga dilakukan penandatanganan Naskah Deklarasi Pemilihan Tahun 2024, Calon Bupati dan Wakil Bupati, Partai Politik Pengusul beserta Tim Kampanye dan Para pendukung berjanji mewujudkan pemilihan umum, bebas, rahasia jujur dan adil melaksanakan kampanye yang aman, tertib dan damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi sara dan tanpa poltik uang melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan oleh KPUD Muara Enim, di lapangan Merdeka Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (24/09).

Acara ini dihadiri oleh Plt. Bupati Muara Enim, Hengky Putrawan, S.Pt., M.Si., M.M.,Kapolres Muara Enim diwakili oleh Wakapolres Muara Enim, Kompol Roy Arpian Tambunan, S.P., S.I.K., serta Dandim 0404 Muara Enim yang diwakili Kasdim, Mayor CHB Jauhari. Selain itu, turut hadir Ketua KPU Muara Enim, Rohani, S.H., Ketua Bawaslu Zainuddin, A.P., M.Si., Kajari Muara Enim, Rudi Iskandar, S.H., M.H., dan jajaran Forkopimda lainnya, serta para kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.


Dalam sambutannya, Ketua KPU Muara Enim, Rohani, S.H., menyampaikan bahwa deklarasi kampanye damai ini adalah bentuk komitmen seluruh pasangan calon untuk menjalankan kampanye secara tertib dan damai. Rohani juga berharap agar masyarakat Muara Enim yang memiliki hak pilih menggunakan hak suaranya dengan bijak dan tidak golput, demi menentukan masa depan pembangunan di daerah tersebut.

Deklarasi kampanye damai ini ditandai dengan pembacaan naskah deklarasi oleh Ketua KPU Muara Enim yang diikuti oleh seluruh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Setelah itu, seluruh pasangan calon, bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim, menandatangani naskah deklarasi sebagai bentuk kesepakatan bersama untuk melaksanakan kampanye tanpa hoax, fitnah, kekerasan, SARA, dan politik uang.

Sebagai simbol dimulainya tahapan kampanye, pelepasan balon dilakukan oleh para pejabat dan pasangan calon. Tindakan simbolis ini mengirimkan pesan bahwa kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim tahun 2024 resmi dimulai dan diharapkan berjalan dengan aman dan damai hingga selesai.

Plt. Bupati Muara Enim, Hengky Putrawan, dalam sambutannya menekankan pentingnya kesepakatan kampanye damai ini sebagai wujud demokrasi yang sehat. Ia juga mengingatkan agar semua pihak menjaga kondusivitas daerah dengan saling menghormati pilihan masing-masing dan menjunjung tinggi kejujuran, kedamaian, serta persatuan dalam pelaksanaan kampanye.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang, menyatakan bahwa Polres Muara Enim siap memberikan pengamanan maksimal selama tahapan kampanye berlangsung. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pendukung pasangan calon untuk tetap menjaga ketertiban, mematuhi aturan, dan tidak terprovokasi oleh isu-isu negatif yang dapat memecah belah persatuan.

Dengan adanya deklarasi ini, seluruh pihak berharap agar tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, dan sukses, serta meningkatkan partisipasi pemilih demi terwujudnya pesta demokrasi yang sehat di Kabupaten Muara Enim. (KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.