Panen Raya Perdana Ketahanan Pangan, Bupati Heri Amalindo Ajak Pemdes Kembangkan Sektor Pertanian


PALI, SS.CO.ID
– Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan panen raya di Desa Betung Barat, Kecamatan Abab, Senin (25/03/2024). Kegiatan yang dihadiri langsung Bupati PALI, Dr Ir H Heri AmalindoMM  ini merupakan bagian dari rangkaian Panen Raya Perdana Ketahanan Pangan Tahun 2024.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Novita Febriyanti, S.T., M.T., Plt. Kepala Dinas Pertanian Ahmaf Jhoni, SP., M.M., Kepala DPMD Edy Irawan, S.E., M.Si., Camat Abab Razulik, S.H., Kapolsek Penukal Abab IPTU Arzuan, S.H., dan Jajaran Perangkat Daerah terkait.

Dalam kesempatan itu, Bupati PALI mengajak seluruh pemerintah desa untuk bersama-sama mengembangkan sektor pertanian guna memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat Desa Betung Barat.


Di Desa Betung Barat, Bupati memberikan penghargaan kepada pemerintah desa setempat karena telah mengembangkan program ketahanan pangan melalui penanaman padi dan sayuran.

“Melalui langkah-langkah yang diambil oleh Desa Betung Barat, Bupati PALI berharap dapat tidak hanya memastikan kecukupan pangan bagi warganya, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Kami ingin semua desa bisa memanfaatkan dana desa melalui program ketahanan pangan untuk mengembangkan pertanian sesuai potensi desanya masing-masing,” ujarnya.

Bupati memberikan apresiasi terhadap pemerintah desa setempat yang mengembangkan program ketahanan pangan dengan menanam padi dan sayuran.
 

“Dengan cara seperti ini, warga desa sekitar bisa tercukupi kebutuhan pangannya. Ini harus dikembangkan oleh desa desa lainnya,” imbuhnya.
 
Hanya saja menurut Bupati bahwa pemanfaatan lahan harus disesuaikan dengan potensi desanya masing-masing.
 
“Desa Betung Barat mungkin cocok dengan padi, namun desa lainnya bisa dicocok tanam dengan jenis sayuran atau tanaman pangan lainnya,” sarannya.
 
Dengan langkah yang dilakukan Desa Betung Barat, Bupati PALI berharap selain kebutuhan pangan warga sekitar terpenuhi, juga mampu mengangkat perekonomian masyarakat.
 

“Langkah seperti ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Karena selain mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari, selebihnya bisa menambah pendapatan,” harapnya

Sementara, Kepala Desa Betung Barat, Rozali, menguraikan bahwa upaya menjaga ketahanan pangan di wilayah tersebut dilakukan dengan memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai pengelola program.

“Pada lokasi ini, ada 43 hektar yang rencananya akan ditanami kelapa sawit. Dan yang ditanami padi ada sekitar 3 hektar. Selain padi kami tanami juga sayuran serta ada keramba ikan,” pungkasnya.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.