Pemkab Pali Gelar Bimtek SP4N LAPOR


PALI, SS.CO.ID
– Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Gelar Bimbingan Teknis Sistem pengelolan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi dan pengaduan Online rakyat (LAPOR).

Kegiatan Tersebut dibuka langsung Oleh Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM melalui Kartika Yanti ,SH.MH Seketaris Daerah (Sekda) bersama Ombusman dan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Selatan.

Membuka Kegiatan Tersebut Kartika Yanti Sekda PALI Berharap adanya aplikasi tersebut dapat berjalan dikabupaten PALI Bumi Serepat Serasan.

” Kita berharap pengaduan dan laporan masyarakat dapat di atasi dan ditanggapi dan dapat dijadikan dasar untuk kinerja lebih baik kedepan ” Ujar Sekda PALI Membuka Kegiatan Bimtek ,Selasa 20 Februari 2024.

Usai dibuka Oleh Sekda PALI dilanjutkan Pemaparan Bimbingan Teknis Oleh DISKOMINFO Provinsi Sumsel yang disampaikan langsng Oleh Amrullah S ,STP M S.i

Dalam paparannya Diskominfo Provinsi Sumsel menjelaskan manfaat aplikasi secara umum dan terintergrasi

”SP4N terbentuk untuk menjamin pengaduan masyarakat kepihak berwenang , dan kita selaku pemerintah. daerah ada terusan Apabila ada laporan dan segera harus kita tanggapi dan menjadi acuhan dasar dikemudian hari untuk lebih baik ” Ungkap Amrullah

Selanjutnya Terkait laporan pengaduan masayara Contoh kecil saja kalau masyarakat melapor suatu permasalahan ,tentu si pelapor menunggu respon tanggapan dari penerima laporan ,Dan apa bila satu ,dua dan tiga laporan tidak di respon tentu masyarakat tidak percaya lagi atas kinerja pemerintah maupun yang bersangkutan

Masih Ditambahkannya Sistem laporan ini apa bila tidak di tanggapi selama 1 bulan maka akan otomatis diambil alih ombudsman.

Dengan aplikasi ini juga banyak manfaat kedepan , bisa membangun sistem peyanan publik yang transparan ,pendekatan kepada masyarakat dan bisa menampung aspirasi masyarakat secara langsung ” Jelas Amrullah.

Sistem ini apabila laporan direspon tentu masyarakat merasa lebih dihargai.

Pengaduan ini juga dapat dilakukan untuk program pemerintah kedepan ,juga dapat meningkatkan kwalitas pelayanan.

Hendrico Dari Asisten Ombusman Bidang Pencegahan dan MALADMINSTRASI Provinsi sumatera selatan memjelasakan manfaat fungsi dan tugas ombusman adalah lembaga negera yang diberikan kewenangan mengawasi berjalanannyan pelayanan public.

” Pemerintah Daerah ,Provinsi maupun Pusat itu menjadi pengawasan Ombusman dan Juga Badan Usaha Milik Negera (BUMN) ” Terang Hendrico.

Di Sebutkannya Pelayanan yang dapat dilaporkan langsung oleh masyarakat yaitu ,Pengaduan atau pelayanan yang sifatnya berlarut -larut serta adanya Permintaan Mal administrasi ,Sebut Hendrico Ombusman Provinsi Bidang Pencegahan dam Mal Administrasi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.