Polres Prabumulih Lakukan Berbagai Program Inovasi Layanan Publik Jaga Kondusifitas Kamtibmas

Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIK MH saat pimpin apel di halaman Mapolres

PRABUMULIH, SS.CO.ID
-- Sebagai aparat penegak hukum yang mempunyai tugas menjadi pelayan, pengayom serta pelindung bagi masyarakat, Polres Prabumulih mempunyai peran vital dalam menjaga situasi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) secara kondusif sehingga masyarakat bisa melaksanakan aktifitas dengan aman dan nyaman.

Dibawah pimpinan AKBP Witdiardi SIK MH, stabilitas kamtibmas di Kota Prabumulih saat ini secara umum dalam situasi kondusif. Hal itu tak lepas berkat peran Polres Prabumulih bersama empat polsek dibawahnya yakni Polsek Prabumulih Timur, Polsek Prabumulih Barat, Polsek Rambang Kapak Tengah (RKT) dan Polsek Cambai terus melakukan upaya melalui berbagai inovasi program layanan publik demi menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Program inovasi layanan publik itu antara lain, Kapolres Ngantor di desa/kelurahan, jumat curhat, pengaktifan kembali Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), pengamanan masjid saat pelaksanaan sholat jumat dan Gerakan Bhayangkara Bersyiar (Gebyar).

Lalu Polres Prabumulih gencar melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD), giat patroli hunting serta patroli Timsus Tantura Sat Samapta dengan menyusuri sepanjang jalan raya utama, daerah-daerah rawan terjadinya aksi kejahatan, wilayah-wilayah perbatasan dan beberapa objek vital lainnya.

Kapolres Prabumulih jumat curhat bersama tukang ojek pangkalan

Polres Prabumulih juga rutin menggelar strong poin setiap pagi hingga pengamanan gereja di akhir pekan. Tak hanya itu, Polres Prabumulih pun mengoptimalkan peran anggota khususnya Bhabinkamtibmas untuk rutin mensosialisasikan dan menyampaikan himbauan langsung kepada masyarakat lewat patroli sambang. Bahkan juga tak sedikit permasalahan warga berakhir damai yang diselesaikan melalui problem solving oleh Bhabinkamtibmas Polres Prabumulih. Terakhir, Polres Prabumulih pun telah melantik 140 orang personelnya sebagai Polisi RW demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Berbagai program inovasi kita lakukan bertujuan tidak lain agar personel kita bisa terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga kehadiran personel Polri khususnya Polres Prabumulih terus dirasakan masyarakat,” ujar Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIK MH.

Kapolres pun selalu mengingatkan seluruh personelnya untuk selalu menjaga nama baik serta tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Selain mampu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, para personel juga diminta untuk selalu hadir jika ada kejadian dan peristiwa di tengah-tengah masyarakat.

“Ukirlah prestasi, jaga sikap dan perilaku saat bertugas maupun pada saat berada di tengah masyarakat jangan sampai mencederai nama baik Polri. Lewat berbagai program yang telah dilakukan Polres Prabumulih ini secara menyeluruh dalam rangka perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, kehadiran polisi di tengah masyarakat juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban sekaligus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” terangnya.


Serap Aspirasi serta Dengarkan Keluhan Masyarakat Melalui Program Kapolres Ngantor di Desa/Kelurahan, Jumat Curhat dan GEBYAR


Kapolres Prabumulih dan jajaran Ngantor di kelurahan/desa pada akhir pekan

Program Kapolres Prabumulih ngantor di kelurahan/desa rutin dilaksanakan setiap akhir pekan. Pada kesempatan itu, selain bersilaturahmi Kapolres juga memberikan pesan dan himbauan Kamtibmas.

Kata Wit sapaan akrab Kapolres mengungkapkan, bahwa kegiatan ngantor di kelurahan/desa dalam rangka memperkuat keakraban bersama warga dan sebagai wujud kehadiran Polres Prabumulih guna peningkatan layanan publik.

“Sejumlah masukan dan saran, tentunya akan menjadi prioritas kita dalam tindak lanjutnya. Selain itu, adanya koordinasi baik antara warga Polres Prabumulih bersama pemerintah kelurahan dan desa jelas sangat penting dalam rangka menjaga situasi serta kondisi juga Kamtibmas. Agar senantiasa berlangsung aman dan kondusif, jika terjadi hal tidak diinginkan bisa segera lapor ke Bhabinkamtibmas,” bebernya.

Jumat Curhat, Kasat Lantas Polres Prabumulih AKP Muthemainah SH sambangi warung kopi

Selanjutnya Jumat Curhat, menjadi andalan dan unggulan salah satu program Polres Prabumulih. Semua bergerak, mendekatkan diri kepada masyarakat guna mendapatkan aspirasi, saran dan masukan guna perbaikan pelayanan Polres Prabumulih kepada masyarakat.

Kapolres mengatakan, bahwa kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan dengan tujuan semakin mendekatkan diri dengan semua element masyarakat. Selain itu, menampung informasi, kritik, saran dan masukan ataupun keluhan dari masyarakat sekaligus menyampaikan himbauan terkait kamtibmas.

“Lewat program Jumat Curhat ini, kita menampung informasi dan aspirasi masyarakat, lalu kita lakukan evaluasi dan tindak lanjut maupun penanganan guna perbaikan pelayanan demi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” jelas Kapolres.

Pelaksanaan Program Gebyar Polres Prabumulih

Lalu program Gerakan Bhayangkara Bersyiar (GEBYAR). Dalam kesempatan ini, personel Polres Prabumulih bertindak sebagai petugas sholat jumat.

“Kedatangan kita selain program GEBYAR dan Jumat Curhat jelas memaparkan program telah dijalankan Polres Prabumulih dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Polres Prabumulih tidak bisa bekerja sendiri, jelas membutuhkan dukungan masyarakat dalam menjalankan program layanan publik, agar semakin baik,” ucap Kapolres.

Berbagai apresiasi dan pujian pun diberikan terhadap program Polres Prabumulih diatas, diantaranya jemaah Masjid At-Taqwa Kelurahan Prabujaya dan Masjid Al Muhajirin Desa Pangkul. Mereka mengaku, bahwa program ini sangat bagus dan baik sehingga sebagai masyarakat bisa semakin dekat bersama Polri.

“Kita terima kasih atas kunjungannya serta informasi dari Kapolres Prabumulih dan jajarannya jelas memberikan motivasi juga semangat kepada Jemaah disini,” ungkapnya.


Terjunkan Personel Guna Pengamanan Pelaksanaan Sholat Jumat, Penjagaan Gereja Hari Minggu dan Giat Strong Point Pagi Hari

Personel Pores Prabumulih saat melakukan pengamanan pelaksanaan sholat jumat

Polres Prabumulih rutin melakukan pengamanan saat pelaksanaan Sholat Jumat di sejumlah masjid. Hal ini guna memberikan dan menciptakan situasi keamanan kepada seluruh jamaah yang sedang melaksanakan ibadah Sholat Jumat.

Selain melakukan pengamanan, dalam kegiatan tersebut personel Polres Prabumulih juga melakukan pengaturan lalu lintas pada saat pelaksanaan ibadah Sholat Jumat guna menghindari kemacetan.

Kapolres Prabumulih mengatakan, adanya pengamanan oleh personel Polres Prabumulih, agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat melaksanakan ibadah Sholat Jumat.

“Kita mencegah pencurian sepeda motor, dan tindak pidana kriminalitas lainnya. Makanya, Polwan dan Polisi Non Muslim berjaga di masjid-masjid ketika pelaksanaannya Sholat Jumat. Dengan kehadiran Personel Polres Prabumulih yang berjaga di sekitar Masjid, untuk mencegah niat para pelaku kejahatan, sehingga warga merasa tenang dan khusyuk saat melaksanakan ibadah Sholat Jumat,” sebutnya.

Berikan rasa aman, personel Polres Prabumulih lakukan penjagaan pelaksanaan ibadah di gereja setiap hari minggu

Kemudian Penjagaan Gereja Akhir Pekan. Satu lagi, program inovasi dilakukan Polres Prabumulih. Tidak hanya, perayaan hari besar saja dijaga, kini pelaksanaan ibadah gereja setiap hari minggu tak luput dari penjagaan ketat jajaran Polres Prabumulih.

Sebanyak 8 gereja melaksanakan ibadah minggu dijaga ketat aparat dari personel Polres Prabumulih di depan Gereja.

“Kegiatan pengamanan ini dilaksanakan personel Sat Samapta dan Satlantas Polres Prabumulih setiap minggu, pengamanan ibadah gereja,” terang Kapolres.

Tujuannya, kata Witdiardi, guna memberikan rasa aman dan tentram kepada umat kristiani melaksanakan ibadah di gereja setiap minggu.

“Ini program Polres Prabumulih dalam rangka menjamin pelaksanaan ibadah di gereja agar aman dan kondusif setiap minggunya. Sehingga, terhindar dari hal-hal tidak diinginkan,” beber Alumni AKPOL 2002 ini.

Giat Strong Point pagi hari di sejumlah titik rawan macet

Rutin Gelar Giat Strong Point Pagi Hari. Pengamanan dan pengaturan jalan di pagi hari rutin dilakukan oleh Polres Prabumulih melalui Satlantas maupun personel Polsek jajaran dengan melaksanakan giat strong poin di sejumlah titik rawan macet.

Kapolres Prabumulih melalui Kasat Lantas AKP Muthemainah SH juga mengimbau warga agar mematuhi aturan lalin. Jangan melanggar aturan telah ditentukan. Sehingga, tidak terjadi lakalantas berakibat fatal hingga menelan korban jiwa.

“Beberapa personel, kita tempatkan di persimpangan jalan. Karena, persimpangan memang rawan lakalantas. Strong point dilakukan, sangat dirasakan manfaatnya guna kelancaran arus jalan di pagi hari dan terhindar dari namanya kemacetan. Kendarai kendaraan sesuai kecepatan dibutuhkan, jangan kebut-kebutan karena rawan terjadi lakalantas,” tukasnya.


Gencar Gelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Akhir Pekan dan Patroli Hunting

Patroli hunting Timsus Tantura tekan angka kriminalitas di Bumi Seinggok Spembunyian

Mengantisipasi kejahatan atau kriminalitas khususnya di akhir pekan, Polres Prabumulih mengelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Adapun sasaran KRYD pada malam hari ini yaitu peredaran minuman keras (Miras), senjata tajam (sajam), peredaran narkoba, serta kejahatan tertentu di wilkum Polres Prabumulih.

"Harapan kami dari Polres Prabumulih agar kamtibmas di wilkum Polres Prabumulih aman dan kondusif," jelas
Kapolres Prabumulih melalui Kasat Samapta, AKP Bratanata, SE.

Ia menambahkan, bahwa personel yang melaksanakan KRYD juga mengimbau kepada segenap masyarakat Kota Prabumulih untuk selalu waspada.

Lalu Polres Prabumulih melalui polsek jajaran dan Timsus Tantura juga rutin melakukan patroli hunting.

Hampir 24 jam sehari, Timsus Tantura Polres Prabumulih melakukan patroli hunting guna mengantisipasi dan juga mencegah tindak kriminalitas menonjol. Patroli hunting dilakukan Timsus Tantura Polres Prabumulih cukup efektif guna menjaring pelaku kejahatan. Tidak hanya, tindak pidana kriminalitas, narkoba, atau lainnya.

Patroli hunting terus ditingkatkan dan lebih sering ini jelas bisa mengurungkan niat para pelaku kejahatan di Kota Nanas ini. Sejauh ini, kata Kasat Samapta, patroli hunting dilakukan di daerah sepi dan rawan dalam rangka menekan angka kejahatan dan juga kriminalitas di Prabumulih.

“Guna menekan angka kejahatan dan kriminalitas di kawasan sepi dan rawan. Semoga situasi dan kondisi Kota Prabumulih lebih aman dan kondusif,” tukasnya.


Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas, Polisi RW dan Pengaktifan Satkamling

Kapolres Prabumulih saat memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas

Sebagai ujung tombak kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas di tingkat desa dan kelurahan, Polres Prabumulih mengoptimalkan peran bhabinkamtibmas.

“Saya mengimbau para Bhabinkamtibmas harus tetap aktif dalam melayani masyarakat yang ada di wilayah binaannya serta jaga solidaritas dengan seluruh stakeholder yang ada, sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak mengalami kendala," ucap Kapolres Prabumulih melalui Kasat Binmas, AKP Heri Jon Fajri.

Ia juga mengimbau masyarakat di wilayah hukum Kota Prabumulih untuk melaporkan atau mengadukan masalah kepada kepolisian, petugas bakal merespons laporan dan aduan dari masyarakat.

“Dengan begitu, bisa ditindaklanjuti dengan sesegera mungkin. Respon cepat sebagai bentuk pelayanan Polri khususnya Bhabinkamtibmas kepada warga masyarakat. Menjadi hal positif bagi institusi Polri guna mendapatkan apresiasi dari warga masyarakat. Sehingga kehadiran sosok Polri berseragam merupakan salah satu wujud Polri dekat dan bersahabat dengan masyarakat,” terangnya.

Tak hanya itu, mencari solusi terbaik dan mendamaikan permasalahan terhadap warga yang bermasalah melalui problem solving sering dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polres Prabumulih, diantaranya seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasar 1, Aipda M. Alfandri.

Bhabinkamtibmas Polres Prabumulih berhasil mendamaikan warga yang berselisih melalui problem solving

Ia berhasil mendamaikan warga yang berselisih. Keduanya dipertemukan dan dimediasi untuk mencari solusi terbaik oleh Aipda M. Alfandri.

Setelah melaksanakan musyawarah, kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan dengan rincian perjanjian tertera di surat pernyataan/surat perjanjian.

Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Heri Sulistio SH melalui Bhabinkamtibmas Pasar 1, Aipda M. Alfandri mengatakan, bahwa problem solving ini bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga dapat menimbulkan konflik sosial yang dapat mengganggu kondusifitas kamtibmas.

"Giat problem solving sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas dengan memediasi warga untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi diwilayah binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif," ujarnya.

Polisi RW Polres Prabumulih Bantu Bhabinkamtibmas Ciptakan Kamtibmas Semakin Kondusif

Pelantikan 140 Polisi RW Polres Prabumulih

140 orang personel telah tersprint sebagai Polisi RW, hal ini agar pelayanan kepada masyarakat lebih optimal.

Melalui  Polisi RW ini bisa memberikan solusi atas permasalahan warga. Demikian juga, mencegah dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas di wilayahnya.

“Harapan kita, para Polisi RW ini bisa menjalan tugas dan tanggung jawabnya secara baik. Ini bukti, kalau Polres Prabumulih serius menjaga Kamtibmas di masyarakat. Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat,” tururnya.

Bantu tugas kepolisian dengan mengaktifkan kembali Satkamling

Kapolres Prabumulih rutin melakukan giat sambang Satkamling

Polres Prabumulih melalui Satuan Binmas pimpinan AKP AKP Heri Jon Fajri terus mendorong agar segenap warga Kota Prabumulih untuk aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan khususnya disekitar tempat mereka tinggal.

Satkamling atau yang dulu disebut dengan Poskamling salah satunya. Dengan adanya Satkamling ini di sekitar tempat tinggal mereka, dapat membantu tugas kepolisian dalam menjaga kamtibmas di Kota Prabumulih.

Guna mendorong keaktifan Satkamling tersebut, Kapolres Prabumulih bersama jajarannya rutin menyambangi setiap Satkamling yang berada diwilayah hukumnya.

Terakhir, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan dan respon cepat dari kepolisian, Polres Prabumulih memasang billboard di median Jalan Jenderal Sudirman atau tepatnya di depan Sinar Baru Grande Prabumulih.

Kapolres Prabumulih menjelaskan, pemasangan iklan di billboard ini sebagai bentuk pelayanan prima polri bagi masyarakat.

"Masyarakat butuh bantuan polisi maupun informasi tindak kejahatan, bisa langsung menghubungi nomor ponsel yang tertera di iklan," katanya.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang butuh bantuan Polisi juga dapat menghubungi call center Polri 110, atau Polres Prabumulih 08117856110.

"Apabila mengetahui potensi kerawanan dan gangguan kamtibmas bisa menghubungi anggota Bhabin setempat, atau bisa menghubungi Nomor Bantuan Polisi di O81370002110," terangnya.

Selain hot line bantuan polisi, lanjutnya, masyarakat juga bisa memanfaatkan Aplikasi Polres Super APP yang memuat berbagai pelayanan prima dari kepolisian secara cepat, tepat dan profesional.

“Diaplikasi ini banyak fitur layanan seperti, pengurusan perpanjangan SIM, STNK dan SKCK, Register E-Tilang, hingga informasi mengenai lokasi rawan tindak pidana,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, diminta juga memberikan informasi seputar edukasi, sosialisasi, dan sejumlah kebijakan program Polres Prabumulih melalui 8 akun resmi media sosial terbaru.

“Masyarakat kita imbau memanfaat akun medsos Polres Prabumulih jika ingin menggali informasi seputar Polres Prabumulih,” pungkasnya.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM

Program pengaktifan Satkamling dalam rangka menjaga Kamtibmas, dan Kapolres Prabumulih Ngantor di Kelurahan/Desa Diapresiasi Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM.

“Kita mengapresiasi program Polres Prabumulih dilakukan Pak Kapolres, salah satunya masalah Satkamling dalam rangka peran serta masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di lingkungannya,” ujar Ridho, sapaan akrabnya, Senin pagi.

Termasuk juga, kata dia, program Kapolres Prabumulih ngantor di kelurahan/desa telah dirasakan masyarakat. Tentunya, hal itu akan membuat masyarakat aman dan nyaman.

“Kita bangga, Polres Prabumulih bersinergi bersama Pemkot Prabumulih dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui berbagai inovasinya,” pungkasnya. (RL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.