LPPK3I Minta Menteri ESDM Copot Direktur DJK Karena Dinilai Tak Paham Keselamatan Ketenagalistrikan


PALEMBANG, SS - Grounding atau pertanahan atau yang sering disebut dengan Arde dalam sebuah instalasi listrik rumah wajib dipasang untuk keselamatan bagi penghuni rumah. 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Penggiat Penegakan Keselamatan Ketenagalistrikan Konsumen (LPP3K) Indonesia Sanderson Syafe'i, ST, SH, mengungkapkan, sangat memalukan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) diduga tak paham regulasi Keselamatan Ketenagalistrikan, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho yang memberikan membantu pemasangan sambungan listrik baru secara gratis untuk rumah tangga yang belum berlistrik namun tidak memenuhi SNI dan Keselamatan Ketenagalistrikan, Kamis (25/5).

"Sekelas Direktur Teknik DJK saja tak memahami akan pentingnya pemasangan grounding atau arde ini, sehingga wajar Badan Usaha Penunjang Tenaga Listrik banyak tidak memenuhi kewajibannya terhadap instalasi listrik di rumah pelanggan atau konsumen harus di pasang kabel arde," tegas Sanderson.

Fungsi utama grounding untuk Keselamatan, yaitu sebagai penghantar arus listrik ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran listrik sehingga tidak sampai menimbulkan bahaya ( kesetrum, korsleting bahkan kebakaran). Misalnya adalah saat penggunaan setrika listrik, dimana jika terjadi tegangan yang bocor atau hubungan singkat, maka tegangan terebut akan di alirkan ke tanah melalui kabel arde, dan tidak akan mengalir ke badan pengguna, terang advokat muda ini.

Pada laman Twitter tanggal 24 Mei 2023, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral RI dalam Siaran Pers Nomor: 194.Pers/04/SJI/2023 Tanggal: 23 Mei 2023 menyatakan Pemerintah Targetkan 125 Ribu Rumah Tangga Terima Manfaat Program BPBL di 2023, menampilkan foto peresmian listrik yang tidak standar Keselamatan Ketenagalistrikan oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho, ada dua kWh tanpa memiliki Grounding, pungkas Sanderson.

Sementara Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Ir. Jisman P. Hutajulu, MM dan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Ir. M. Priharto Dwinugroho, M.SE saat diminta tanggapannya melalui pesan singkat WhatsApp hingga berita ini diturunkan belum memberikan tanggapannya. (Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.