11 Orang Diduga Keracunan Usai Santap Siang


PRABUMULIH, SS
- Penyebab 11 orang keracunan usai bersantap siang di catering Hotel Grand Nikita, Kota Prabumulih masih terus didalami, pihak Dinas Kesehatan Kota Prabumulih telah melakukan investigasi langsung ke lokasi kejadian, Sabtu (27/05/2023).

Lokasi utama yang dilakukan pengecekan yakni dapur, yang diduga penyebab keracunan masal usai menyantap hidangan yang disajikan juru masak hotel tersebut.

Kejadian keracunan itu terkesan ditutupi pihak Hotel Grand Nikita, pasalnya sejak kejadian pada Rabu 24 Mei 2023 lalu baru terungkap pada Jum’at 26 mei 2023.

Hal tersebut sempat menjadi pembicaraan pihak hotel dan keluarga korban yang meminta kejadian ini tidak di ekspos kemuka publik. Akibatnya pihak Dinas Kesehatan Kota Prabumulih melalui Kabid Kesmas, Djoko Listyano SKM MSi  saat diwawancara waktu lalu mengaku kesulitan untuk mencari sample sisa makanan sebagai bahan untuk di uji di laboratorium.

Sejauh ini, kata Joko, hasil investigasi langsung di dapur hotel diakuinya memang terlihat berantakan dan tidak rapi, namun dirinya belum bisa memastikan penyebab pasti keracunan tersebut karena bisa jadi disebabkan terkontaminasi bakteri atau pengolahan makanan yang tidak tepat.

“Langkah sementara ini, kita melakukan langkah persuasif dulu dengan menemui Manager Hotel, tapi tadi tidak ketemu, kami cek dapurnya memang agak berantak dan tidak rapi,” ucapnya.

Namun, lanjut Joko itu tidak bisa disimpulkan menjadi penyebabnya dan nanti pihaknya bakal menginformasikan hasil investigasinya sesegera mungkin. (TB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.