Desak Diskominfo Transparan Terkait Anggaran Advertorial, Wartawan Lokal di Empat Lawang Gelar Unjuk Rasa


EMPAT LAWANG, SS
-- Puluhan wartawan pribumi melakukan unjuk rasa ke Gedung DPRD, Senin (6/2/2023). Mereka mendesak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Empat Lawang agar transparan dalam mengalokasikan anggaran advertorial.

Aksi unjuk rasa dipicu adanya pembagian anggaran di Diskominfo yang tidak ada keterbukaan publik. Pasalnya, diantara para rekan-rekan media yang ikut dalam aksi, masih ada yang mengeluhkan bahwa anggaran tersebut belum sesuai yang direalisasikan.

"Sudah beberapa triwulan, yang sudah kami terima hanya Rp. 1 juta, itupun masih dipotong pajak," ujar salah satu awak media dalam unjuk rasa itu.

Padahal lanjutnya, pertriwulan ada beberapa media televisi ada yang telah mendapatkan puluhan juta rupiah.

"Mereka ada yang mengantongi hingga Rp. 70 juta perorang. Sedangkan wartawan lokal hanya mendapat Rp 1 juta hingga Rp 3 juta pertriwulan,” ungkapnya.

Konvoi kendaraan para wartawan berlangsung dari Perumnas Talang Banyu menuju Gedung DPRD Empat Lawang dengan mengendarai 3 unit kendaraan roda 4 serta belasan motor dan dikawal pihak Polres Empat Lawang Polda Sumsel.

Dalam orasi yang disampaikan koordinator aksi, Cenci Riestan menyampaikan, bahwa ada beberapa poin yang dituntut rekan-rekan media.

"Diantaranya meminta Diskominfo Empat Lawang membuka secara rinci anggaran publikasi/advetorial seluruh media yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang.dan meminta wartawan lokal (pribumi-red) dirangkul oleh Diskominfo," jelasnya.

Kedatangan puluhan wartawan disambut Wakil Ketua Komisi 3 DPRD, Hidayat Muhammad yang langsung memfasilitasi 7 perwakilan wartawan untuk menyampaikan tuntutannya di ruang Ketua DPRD, Persie SE.

Didalam ruangan, Ketua DPRD dengan disaksikan Ketua Komisi 1, Makmum Abdul Ghoni, Darli SH, Ketua Komisi 3 dan beberapa anggota DPRD lainnya berjanji setelah rapat paripurna, akan langsung menggelar rapat dengan Diskominfo bersama perwakilan aksi, untuk menyelesaikan permasalahan ini. (Susan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.