Pers Membangun, Bukan Menjatuhkan



LAHAT, SS - Sebagai bentuk dukungan kemajuan pers, Pemkab Lahat bersama awak media di Kabupaten Lahat, rayakan Hari Pers Nasional 2023 yang bertema pers bebas demokrasi bermartabat, di Pendopoan Rumdis Bupati Lahat. 

Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengatakan, kemajuan teknologi informasi yang kian pesat, buat pers sebagai ujung tombak penyebaran informasi tidak boleh kaku, dalam mencerdaskan dan mendidik bangsa untuk lebih maju. 


Namun dalam penyebaran informasi tersebut, tetap harus berlandaskan etika, akurat dan penghubung dalam pemberian solusi dan bukan menjatuhkan. 

"Selamat ulang tahun untuk pers di Lahat. Semoga pers terus jadi penghubung pembangunan, antara pemerintah daerah dengan masyarakat di Kabupaten Lahat," kata Cik Ujang, Rabu (22/02/23). 


Cik Ujang mengaku, jajaran Pemkab Lahat tidak anti dengan kritik dari insan pers. Sampaikan jika ada yang salah, dorong apa yang masih kurang, dan apresiasi yang sudah baik. Agar seluruh jajaran pemerintah bisa bekerja dalam prekwensi visi-misi yang sama, memajukan Kabupaten Lahat. 

“Boleh kritik tapi membangun, bukan menjatuhkan. Kalau mencari-cari kesalahan orang lain, itu bukan fungsi pers, apalagi muaranya untuk kepentingan pribadi,” ujar Cik Ujang.


Sementara, Ketua PWI Lahat terpilih periode 2023-2026, Nurmala menyampaikan, tantangan pers di era transformasi digital, dinilai sangat besar. Wartawan dituntut multitalenta untuk berikan informasi ke publik. Di era digital ini, isu yang penting saat ini bukan hanya soal kebebasan pers, tapi terkait pertanggungjawaban karya pers sendiri. Artinya adanya proses hulu dan hilir yang berkaitan dengan pers, harus bisa dipertanggungjawabkan.

“Sebagai penghubung antara pemerintah daerah dengan masyarakat, pers juga berfungsi sebagai pembersih informasi hoax di media sosial. Ini memang tantangan berat bagi insan pers saat ini. Namun saya yakin, dengan kekompakan anggota PWI Lahat, sinergitas anatar pers dengan pemerintah daerah akan terus berjalan baik,” sampai Nurmala. (ADV/Fry) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.