Hj Febrita Herman Deru : Kebun Toga Ini Layak Sebagai Pemenang Tingkat Provinsi


LAHAT, SS - Ketua TP PKK Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru bersama Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Hj. Fauziah Mawardi Yahya kembali lakukan kunjungan kerja dan penilaian 10 program pokok PKK di Desa Keban, Kecamatan Lahat yang merupakan salah satu desa yang masuk penilaian PKK karena dinilai sudah menerapkan dengan baik 10 program PKK, salah satunya keberadaan Kebun Toga (tanaman obat keluarga) yang jadi cikal bakal percontohan bagi warga di Desa Keban menanam Toga di perkarangan rumah, Selasa (04/10/22). 

Hadir mendampingin kunjungan istri Gubernur Sumsel itu, Ketua TP PKK Lahat Lidyawati Cik Ujang, Ketua GOW Hj Sumiyati Haryanto, Kadin TPH dan Peternakan Lahat, Eti Listina, SP,MM.

Ternyata keberadaan Kebun Toga di Desa Keban ini mendapatkan pujian Hj Febrita Lustia soalnya dinilai akan mampu membimbing PKK desa untuk menerapkan 10 program PKK. 

“Patut dijadikan percontohan apalagi ini sudah diterapkan di rumah-rumah warga. Kalau kebutuhan sayur dan obat tradisional ada di setiap rumah warga, warga tidak perlu lagi harus beli ke pasar. Ini bukti peran PKK untuk membantu masyarakat, sudah berjalan,” kata Febrita

Tidak hanya itu, Febrita juga memuji keberadaan Rumah Cinta di Desa Keban. Hal ini menurut dia dapat menjadi konseling bagi keluarga dan remaja putri.

"Ini sangat bagus, dan mungkin layak kalau PKK Lahat jadi pemenang tingkat provinsi. Tapi untuk penilaiannya akan dilakukan objektif oleh tim,” terangnya

Sementara, Lidyawati Cik Ujang mengungkapkan,  kebun Toga PKK memang jadi salah satu fokus PKK Lahat. Karena keberadaannya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, hanya dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah.

"Kebun Toga ini sudah diterapkan hingga ke seluruh desa. Jika sayuran tidak perlu beli, akan menghemat pengeluaran, kalau hasilnya banyak juga bisa dijual,” kata Lidyawati.

Selain itu lanjut Lidyawati, beragam inovasi juga banyak dimiliki PKK di Lahat. ada ternak ayam, budidaya kangkung dalam ember, kampung KB, kelompok wanita tani dan lainnya.  Ada juga inovasi PKK yang membudidayakan sereh wangi, yang saat ini sudah bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Lahat. Hasilnya bisa menunjang pendapatan ibu-ibu di desa. 

"PKK Lahat akan selalu berusaha dan kerja keras untuk berinovasi, dan menjalankan 10 program PKK. Tujuannya tidak lain agar tercipta pemberdayaan keluarga, meningkatkan kesejahteraan agar terwujudnya keluarga yang sehat, sejahterah, maju dan mandiri,”ungkap Lidyawat. (Fry) 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.