Sosialiasi Bahasa Indonesia Penutur Asing di Pusatkan STIE Lahat


LAHAT, SS - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Sosialiasi Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA). Sosialisasi ini dipusatkan di STIE Serelo Lahat, Selasa (30/08/22). 

Sosialisasi BIPA ini diikuti oleh OPD Pemkab Lahat yakni dari Dinas Pariwisata, Disnaker, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan Lahat, mahasiswa Akper, STIT dan STIE Serelo Lahat. 

Pada kesempatan itu Kepala Balai Bahasa Umar Solihin mengatakan, Sesuai dengan UU nomor 24 tahun 1979 pemerintah wajib menginternasionalkan bahasa Indonesia, antara lain melalui BIPA. 

"Program ini bertujuan agar orang asing terutama di Lahat belajar bahasa Indonesia," jelas Umar Solihin. 

Menurut Umar Solihin, sosilisasi BIPA perlu dilakukan mengingat di dalam era global, posisi bahasa Indonesia di dalam percaturan dunia internasional semakin penting dan potensial.  

Potensi bahasa Indonesia itu lanjut dia, didukung oleh posisi geografis Indonesia yang terletak dalam lintas laut yang sangat strategis, sumber daya untuk meningkatkan pemahamannya terhadap bangsa dan budaya Indonesia.  alam yang potensial, dan keragaman budaya Indonesia yang unik.  

"Dengan demikian, bahasa Indonesia diharapkan dapat menjadi jembatan bagi bangsa lain," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Yayasan STIE Serelo Lahat, Drs.H.Achmad Fachri, MM mengemukakan,  Pengajaran Bahasa Indonesia tidak saja ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat di Sumatra Selatan, tetapi juga ditujukan bagi orang asing.

Terlebih lagi kata H. Achmad Fachri banyak orang asing yang sudah tertarik dan berminat untuk mempelajari bahasa Indonesia. 

" Bahasa Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kondisi tersebut menarik minat orang asing untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai alat untuk mencapai berbagai tujuan, baik tujuan politik, perdagangan, seni budaya, maupun wisata," tukasnya. (Fry) 




 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.