Gubernur dan Plt Bupati Lakukan Panen Raya dan Tanam Perdana Padi Rawa di Desa Arisan Musi Timur

MUARA ENIM, SS – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bersama Kapolda Sumsel, Kasdam II Srwijaya dan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH melakukan Panen Raya dan Tanam Padi Perdana IP 200 seluas 2 ribu hektar di Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/09/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel menyampaikan, bahwa program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) yang diluncurkan pada  Mei lalu di Provinsi Sumsel sudah terealisasi kurang lebih 70.000 hektare dari target 200.000 hektare lahan.

Ia optimistis dengan akselarasi ini Provinsi Sumsel akan mengulang kembali kejayaannya seperti di tahun 2007 silam yaitu sebagai Daerah Lumbung Pangan Nasional.

"Program SERASI di Sumsel ini tidak boleh menjadi sia-sia. Untuk itu, sebagai wujud nyata dukungan Saya kepada para petani, hari ini saya bawa langsung Kapolda Sumsel, Kasdam II Sriwijaya, Plt Bupati Muara Enim dan semua Kepala Perangkat Daerah terkait untuk ikut panen raya di sini," ujarnya.

Dikatakannya, tahun ini target produksi minimal harus masuk 3 besar bahkan menjadi terbesar Nasional pada tahun 2020 nanti.

"Target ini sangat mungkin sekali kita capai karena sekarang saja di Muara Enim program ini telah meningkatkan produksi gabah kering panen dari sebelumnya 4,5 ton kini menjadi 7 ton lebih tiap hektarenya," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim mengatakan, bahwa pada tahun 2018, produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 173.900,07 ton gabah kering panen, dengan luas panen seluas 38,406 hektar dan produktivitas padi sebesar 45,28 kwintal/ hektar.

Tahun 2019 target produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 186.061 ton gabah kering panen, dengan sasaran luas panen 39.577 hektar dan produktivitas rata-rata 47,01 kwintal/hektar.

Oleh karena itu, Juarsah mengajak kepada seluruh petani  untuk meningkatkan luas tanam dan produktivitas padi di Tahun 2019 ini. Sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muara Enim akan dapat tercapai.

“Pada Tahun 2019, Pemkab Muara Enim melalui dana APBN melaksanakan, pengembangan padi rawa melalui kegiatan SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) seluas 2 ribu hektar di Kecamatan Muara Belida dan Sungai Rotan,” jelasnya.

Menurut Juarsah, semua program pembangunan pertanian tersebut adalah upaya peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani Kabupaten Muara Enim.

"Saya bangga dengan masyarakat Desa Arisan Musi Timur dan sekitarnya terutama Gabungan Kelompok Tani Usaha Jaya yang sudah berperan aktif menjafi motivator dan pro aktif dalam memajukan pertanian,"ungkap Juarsah.

Sedangkan Kades Arisan Musi Timur, Imran Hadi menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Kapolda Sumsel, dan Kasdam II Sriwijaya dalam kegiatan panen raya padi sawah di  Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida. Dikatakannya, 90 persen masyarakatnya adalah petani dan nelayan.

Dia berharap, kedepan, produksi padi di Desa Arisan Musi Timur semakin meningkat dari tahun sebelumnya.(Adv/KLT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.