Fauzi Anwar : PT. Eka Jaya Kerahkan Preman Bayaran Usai Merumahkan Puluhan Security

Disnakertras Lahat bersama pihak GBSI dan Security PT. Eka Jaya saat melakukan mediasi terkait kebijakan PT. Eka Jaya
LAHAT, SS - Komplik PT Eka Jaya yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di Desa Singapure Kecamatan Kikim Barat, Lahat, dengan security penjaga perkebunan nampaknya akan terus meruncing.

Buntut dari tuntutan pembayaran kelebihan jam kerja itu, kini PT Eka Jaya mengambil kebijakan merumahkan sebanyak 54 securitynya untuk sementara waktu dan membayar preman untuk mengganti posisi security untuk menjaga perkebunan.

"Ketika hendak masuk kerja lagi usai demo di Kantor Pemkab Lahat kemarin, penjagaan perkebunan sudah di isi preman bayaran dan pihak perusahaan mau menerima kerja lagi asalkan gugatan karyawan dicabut," ungkap Fauzi Anwar Ketua DPC GSBI Kikim Barat, Lahat,  kepada wartawan, Senin (04/02/19) usai mediasi bersama pihak Disnakertrans Lahat terkait persoalan ini.

Disampaikannya, kebijakan PT. Eka Jaya dengan menempatkan preman bayaran dilokasi perkebunan justru akan memperuncing masalah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika ini dibiarkan dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Pihak-pihak terkait harus turun tangan untuk menuntaskan permasalahan ini, bukannya memenuhi tuntutan karyawannya melainkan pihak perusahaan menyetop karyawan bekerja dan membayar preman untuk menjaga perkebunan," ujarnya.

Sementara itu, Ance, Kades Singapure Kecamatan Kikim Barat, Lahat menyampaikan, situasi dilokasi perkebunan sudah tidak kondusif lagi. Dimana ada sekelompok orang yang diduga orang-orang bayaran dari pihak perusahaan sudah mengganti posisi security untuk menjaga perkebunan.

"Saya minta kedua belah pihak baik karyawan maupun pihak perusahaan untuk secepatnya menyelesaikan persoalan ini. Melihat situasi lapangan yang tidak kondusif lagi, terlebih lagi berada diwilayah desa saya, maka saya mau tidak mau harus ikut campur meredam gejolak yang bakalan timbul," pungkas Ance saat mendampingi puluhan security PT. Eka Jaya di Distransduk Lahat.(Fry)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.